Untuk memperdalam pemahaman Bapak/Ibu guru terkait prinsip UbD, pada tahap ini Bapak/Ibu guru perlu mengidentifikasi hal-hal yang belum dipahami disertai tindak lanjutnya bersama teman sejawat/kepala sekolah/pengawas. Silakan Bapak/Ibu guru menggunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi hal-hal tersebut.
Tabel 1.3 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis UbD
Langkah perencanaan pembelajaran berbasis UbD |
Apa yang saya ketahui |
Apa yang ingin saya ketahui |
Bagaimana saya dapat mengetahuinya |
Apa yang telah saya pelajari |
Menentukan tujuan pembelajaran | Dalam merumuskan tujuan pembelajaran harus berdasarkan data yang konkret. Tujuan pembelajaran berdasarkan karakteristik mapel, konsep/topik, karakteristik peserta didik, konteks lingkungan pembelajaran. | Saya ingin mengetahui cara membuat tujuan pembelajaran yang baik dan benar. | Tujuan Pembelajaran dapat dibuat langsung dari CP (Capaian Pembelajaran), Kompetensi dan lingkup materi pada CP, atau Lintas elemen CP. Cara menjabarkan TP dapat melalui langkah: 1. Identifikasi kata kunci dalam CP, 2. Pengelompokkan hasil identifikasi, 3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran. | Saya mempelajari bagaimana cara membuat tujuan pembelajaran yang baik dan benar |
Menentukan asesmen | Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Asesmen ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai perkembangan belajar siswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik. | Saya mengetahui lebih lanjut tentang format asesmen tradisional dan alternatif | Asesmen memiliki beberapa ciri khas, antara lain: Berbasis Kompetensi: Fokus pada pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dikuasai oleh peserta didik. Asesmen Formatif: Digunakan untuk memberikan umpan balik yang bermanfaat dalam proses pembelajaran. Hal ini membantu guru dan siswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan. Asesmen Sumatif: Digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa pada akhir periode tertentu, seperti akhir semester atau akhir tahun
| Saya mengetahui ciri khas asesmen, format asesmen: tradisional dan alternatif (menggunakan pertanyaan terbuka, bermain peran, demonstrasi, praktik, projek dan portofolio. |
Merancang kegiatan pembelajaran | Merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Tahapan merancang kegiatan : mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik, menentukan indikator ketercapaian peserta didik dan membuat rubrik indikator, (buat menjadi tingkat capaian) | Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan alat ukur yang relevan untuk pembelajaran peserta didik yang beragam kompetensi awalnya. | Merancang asesmen dapat dengan tahapan berikut: Menentukan tujuan pembelajaran Membuat indikator pencapaian kompetensi membuat alat ukur yang relevan Menyiapkan alat ukur Jika menggunakan rubrik, maka buatlah tingkatan capaian
| Saya menjadi paham tentang pengertian asesmen, tahapan asesmen dan rubrik alat ukur. |
Komentar
Posting Komentar